Apa Itu Asam Amino

Asam amino atau amino acid memiliki fungsi untuk tubuh. Seperti memproduksi energi dan membentuk jaringan tubuh. Mengatur siklus tidur, nafsu makan, hingga suasana hati pun termasuk dalam peran asam amino. Lalu apa itu asam amino?

Selain daripada mengetahui manfaatnya, Anda pun harus mempelajari tentang pengertian asam amino. Kami sudah merangkum tentang pengertian hingga jenis-jenis asam acid untuk Anda. Berikut penjelasannya.

Apa itu Asam Amino?

Asam amino merupakan istilah untuk menyebutkan protein yang sudah melalui proses pemecahan. Karena telah menjalani proses metabolisme menjadi molekul kecil. Zat ini berfungsi untuk berbagai kebutuhan oleh sel tubuh. Asam amino bertugas untuk memulihkan luka hingga membentuk sel baru.

Asam amino ini merupakan bentuk paling sederhana dari protein. Protein ini sendiri dapat Anda temui pada makanan, seperti telur, ikan, daging, hingga ayam. Protein inilah yang kemudian diolah lewat proses pencernaan dan metabolisme.

Proses pemecahan protein di dalam tubuh dibantu oleh berbagai macam enzim pencernaan. Pemecahan protein yang kemudian menjadi asam amino diserap oleh jaringan usus. Selanjutnya zat ini akan dibawa ke organ hati. Peristiwa kemudian dilanjut dengan penyaluran asam amino ke seluruh tubuh.

Jenis-jenis Asam Amino

Jenis-Jenis asam amino cukup banyak untuk dijabarkan secara jelas. Namun, dasarnya ada dua jenis utama asam amino yang dapat Anda pelajari. Di antaranya yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial.

Asam Amino Esensial

Jenis kedua adalah asam amino esensial adalah jenis asam amino yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Asam amino esensial ini berasal dari makanan dan minuman.

Berikut makanan yang mengandung asam amino esensial yang bisa menjadi konsumsi Anda.

  • Ayam
  • Telur
  • Susu
  • Daging merah
  • Keju
  • Yogurt
  • Ikan
  • Bebek

Asam Amino Non Esensial

Tubuh manusia dapat memproduksi asam amino non esensial ini. Fungsi dan manfaatnya pun bermacam-macam. Selain berasal dari tubuh, rupanya asam amino non esensial juga terdapat pada beberapa makanan. Seperti ikan, kacang-kacangan, makanan laut, dan daging.

Demikian penjabaran mengenai asam amino. Dengan memahami apa itu asam amino, Anda sudah mengetahui tentang pentingnya hidup sehat, terutama makan makanan bergizi. Dengan begitu perhatikan asupan makan Anda. Imbangi dengan protein agar tubuh Anda tetap sehat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!