Lem untuk Kain Kaos: Fungsi dan Cara Memilihnya

Lem untuk Kain Kaos: Fungsi dan Cara Memilihnya

Lem untuk Kain Kaos

Bagi sebagian besar pengrajin, penggunaan lem sudah pasti sangat penting. Termasuk pada seorang pengrajin kain. Mengingat banyaknya jenis dan merk lem yang beredar di pasaran, membuat mereka terkadang bingung memilih. Oleh karena itu, ketahui beberapa tips dalam memilih lem untuk kain kaos.

Fungsi dari Lem Untuk Kain Kaos

Sebelum mengetahui apa saja merk atau / brand dari jenis lem untuk kain kaos terbaik. Ada baiknya Anda harus tahu apa fungsi dari lem itu sendiri. Sesuai dengan namanya saja lem kain, biasanya akan banyak digunakan oleh sebagian besar pengrajin. Terutama mereka yang membuat pakaian / kaos.

Pada umumnya, penggunaan lem sebagai perekat ini tidak diperbolehkan. Namun, jika berada dalam keadaan darurat seperti misalnya saja kaos tersebut robek atau rusak dan lain semacamnya. Maka lem kain boleh pengrajin gunakan, tentu saja dengan takaran yang wajar agar tidak merusak kain.

Tidak hanya itu saja, lem khusus untuk kain ini juga seringkali pengrajin gunakan untuk menempelkan properti di dalam kainnya sendiri. Bahkan juga kerapkali sebagai alat perekat dalam pembuatan suatu kostum khusus. Misalnya saja pakaian karnaval atau pesta yang butuh aksesoris di atas kainnya.

Bagaimana Cara Memilih Lem untuk Kain Kaos?

Seperti yang Anda sudah ketahui, bahwa lem kain ini khusus untuk perekat pakaian yang rusak seperti robek. Pada umumnya, di toko kain kaos, lem ini mempunyai variasi bentuk mulai dari padat sampai dengan cair. Sebelum menggunakannya, harus mengetahui jenis lem seperti apa dulu yang memang diperlukan.

  1. Mencari Lem yang Mudah untuk Digunakan

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan lem kain, yaitu mencari lem tersebut yang sekiranya mudah untuk diaplikasikan nantinya. Ada baiknya memilih lem yang simpel atau tidak ribet. Jadi, ketika hendak membenahi kain, prosesnya akan jauh lebih cepat dan tidak menunggu lama.

Selain itu, dalam kemudahan mengaplikasikan lem kain. Menjadikan Anda tidak perlu membuang banyak waktu. Seperti misalnya saja memilih lem khusus untuk kain berbentuk padat. Mengingat biasanya bentuk yang seperti itulah, proses pengeringannya jauh lebih cepat daripada cair.

  1. Memilih Lem Kain Dengan Harga Terjangkau

Selanjutnya, pilihlah lem khusus untuk kain yang harganya terjangkau. Biasanya dengan harga paling ekonomis, lemnya berbentuk padat. Bahkan lem yang bentukannya padat seperti itu juga jauh lebih cepat kering dari cair. Dengan begitu, proses pengeringan dan memperbaiki kaos jadi lebih cepat.

Apalagi lem dengan bentuk padat tidak mudah meluber saat Anda gunakan. Namun, di samping keunggulan dari lem khusus kain berbentuk padat ini, pastilah ada kekurangannya juga. Lem ini tidak memiliki daya rekat yang begitu kuat, jadi aksesoris yang tertempel di atas kain mudah lepas.

  1. Mencari Lem Kain yang Lebih Simpel

Selain itu, sistem penggunaan lem kain ini juga perlu untuk Anda perhatikan. Semakin mudah menggunakannya, maka proses pengeleman ke kain menjadi lebih mudah dan cepat. Bahkan juga bisa membawanya kemana – mana. Jadi, ketika memerlukannya dapat menemukannya langsung.

Di zaman yang semakin modern ini, lem kain telah banyak beredar dengan bentuk cairnya. Namun, keunggulannya yaitu lem tersebut dikemas dalam bentuk semacam pena. Jadi, Anda dapat membawa lemnya kemana pun. Kemasannya pun juga sangat simpel, sehingga tidak buat repot.

Beberapa Jenis Lem Khusus untuk Kain Kaos

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih lem khusus untuk kain kaos. Selanjutnya, Anda harus tahu jenis lem apa saja yang seringkali pengrajin gunakan saat membenahi suatu pakaian rusak. Bisa juga untuk memasang aksesoris di atas kainnya. Dengan begitu, tampilannya menjadi lebih bagus.

  1. Jenis Lem Kain Lilin

Salah satu jenis lem khusus untuk kain pertama, yaitu lem lilin. Sesuai dengan namanya, sebelum menggunakannya pihak pengrajin harus membakarnya terlebih dahulu. Meskipun nantinya akan meleleh, akan tetapi jenis lem satu ini termasuk ke dalam golongan lem berbentuk padat daripada cair.

Kelebihan dari penggunaan lem kain lilin ini, yaitu sangat mudah untuk Anda gunakan nantinya. Lemnya juga mudah kering, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama. Lem lilin seringkali banyak pengrajin dan tukang jahit gunakan, baik untuk memasang aksesoris atau keperluan lainnya.

  1. Jenis Lem Kain Kayu Fox

Jangan salah paham dulu, meskipun namanya lem kayu. Akan tetapi, jenis lem satu ini juga seringkali banyak pengrajin gunakan untuk mengelem di atas kain. Biasanya warna lemnya adalah putih dan teksturnya cukup kental. Namun, dalam penggunaannya tidak boleh banyak – banyak.

Sebelum mengelem menggunakan lem kayu fox ini, ada baiknya kain tersebut terlebih dahulu harus dilapisi oleh kertas karton. Supaya lemnya bisa Anda gunakan dengan baik, meskipun prosesnya mudah. Tapi proses pengeringannya lumayan lama, jadi berbeda dengan lem lilin sebelumnya.

  1. Jenis Lem Kain UHU

Selanjutnya, ada lem merk UHU yang termasuk ke dalam jenis lem berbentuk cair dan stick. Lem satu ini memang khusus untuk kain, mempunyai bau yang khas dan menyengat hidung. Namun, penggunaannya jauh lebih aman dari lem lain.

Sedangkan untuk keunggulan lem UHU ini, yaitu mempunyai daya rekat cukup erat dan kuat. Dengan begitu, properti yang nantinya akan Anda tempelkan ke atas kain, hasilnya jauh lebih kuat daripada jenis perekat lain.

Dengan beberapa penjelasan mengenai lem untuk kain kaos beserta merknya. Anda bisa menggunakan salah satu dari jenis lem di atas. Namun, dalam proses penggunaannya harus hati- – hati supaya nanti hasilnya bagus dan lemnya merekat sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!