Masjid Bersejarah di Indonesia

Masjid Bersejarah di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar yang ada di dunia. Maka, tidak heran jika Anda akan berjumpa dengan berbagai masjid bersejarah di Indonesia. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui mengenai mana saja yang cukup bersejarah tersebut.

Beberapa Masjid Bersejarah di Indonesia

Perlu Anda ketahui, bahwa masjid merupakan salah satu bukti bersejarah mengenai perkembangan Islam di Indonesia. Karena, ketika ingin beribadah sendiri tentu umat Islam akan memenuhi bangunan tersebut. Sebagai informasi, simak mengenai masjid bersejarah di Indonesia berikut:

Masjid Tua Al-Hilal Katangka

Merupakan salah satu masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1603. Masjid yang satu ini sendiri terbilang cukup bersejarah di Indonesia. Lantas mengapa bangunan tersebut memiliki nama Katangka? Hal ini tidak lain karena adanya banyak pohon katangka yang tumbuh di lingkungan pembangunan masjid tersebut.

Masjid yang satu ini sendiri berada di Katangka, Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Tentu saja ada banyak kisah masa lalu mengenai kerajaan Islam di Gowa. Tidak heran jika masjid tersebut di bagian depan dan belakangnya terdapat makam keluarga kerajaan dan rajanya.

Masjid Agung Banten

Termasuk salah satu bangunan ibadah yang tertua dan cukup bersejarah di Indonesia. Karena, masjid tersebut sendiri berdiri berkat pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Tepatnya sejak tahun 1552. Lantas, apa saja yang menjadikan masjid tersebut cukup unik dan menarik?

Tidak lain yakni adanya atap bangunan utama yang bentuknya mirip dengan pagoda China. Masjid tersebut juga ada hiasan jam digital masjid yang terletak di depan. Masjid itu sendiri dapat Anda temukan di daerah Banten Lama. Masjid ini sendiri cukup bersejarah di daerah Banten. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika ingin berkunjung ke daerah tersebut.

Masjid Tua Palopo

Tempat ibadah umat Islam ini berdiri berkat campur tangan dari Raja Luwu. Yakni bernama Sultan Abdullah Matinroe. Masjid yang berdiri pada tahun 1604 ini sendiri terbilang cukup bersejarah di Indonesia. Lantas, mengapa bangunan tersebut bernama Palopo?

Pemberian nama Palopo sendiri berasal dari bahasa Luwu dan Bugis. Untuk bangunannya sendiri masjid bersejarah ini berdiri di tanah seluas 15 meter persegi. Anda bisa mengunjungi tempat ibadah tersebut di Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Itulah informasi tentang masjid bersejarah di Indonesia. Tentu saja, masih ada banyak masjid yang cukup bersejarah di Indonesia. Karena setiap masjid tersebut juga memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri meski usianya sudah tidak muda. Tidak heran jika keindahannya pun selalu bertahan sampai saat ini.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!