Pelatihan Laboratorium 2021 yang Sangat Dinanti

Pelatihan Laboratorium

Pelatihan laboratorium 2021 menjadi salah satu cara untuk menjalani pekerjaan secara kompleks namun cenderung menantang. Namun mengikuti training tersebut sebenarnya tidak mengelola kup jika ingin mendapatkan akreditasi khususnya pihak lab. Semua personel di dalamnya pun harus ikut serta.

Training Manajemen Laboratorium Kimia

Mengelola laboratorium merupakan pekerjaan yang kompleks sehingga kemampuan manajemen setiap personel pun tidak cukup. Tanpa adanya pengetahuan secara teknis maka seluruh pekerjaan di dalamnya juga terasa sulit untuk mewujudkan lingkungan pekerjaan sesuai standar.

Standar ISO/ IEC 17025 telah menggariskan pokok pengelolaan untuk mencapai tujuan yang sesuai. Secara detail, pengetahuan dan pengalaman menjadi hal paling penting dalam melaksanakan kegiatan operasional.

Hal-hal strategis di dalamnya juga perlu memahami masalah kepemimpinan, pemanfaatan pemeliharaan peralatan, pembinaan tenaga laboratorium, pengelolaan sumber informasi, hasil analisis, kendali mutu, keselamatan dan Kesehatan kerja, sistem administrasi dan pengelolaan limbah.

Tujuan Pelatihan Laboratorium 2021

Ada beberapa tujuan yang dapat Anda peroleh ketika mengikuti pelatihan ISO 17025 mengenai laboratorium. Pertama adalah memahami prinsip manajemen secara umum. Harapannya setiap personel mendapatkan pemahaman dalam berbagai hal sehingga penting untuk menguasainya.

Selain itu juga manajemen pengelolaan laboratorium dan pentingnya komitmen kuat dalam memahami peran lab sebagai data generator yang handal. Anggapan ini membuat masyarakat mempercayakannya untuk mendapatkan hasil penelitian secara terpercaya.

Pelatihan laboratorium pun juga bertujuan agar setiap personel memiliki pengetahuan secara menyeluruh tentang pengelolaan SDM, bahan kimia, peralatan dan penanganan limbah. Mereka mampu melakukan koordinasi serta memberikan motivasi staf sekaligus tenaga laboratorium.

Materi Pelatihan Laboratorium 2021

Setiap training dengan berbagai topik tentu memiliki beberapa materi yang perlu peserta pahami selama mengikutinya. Sama halnya seperti pelatihan laboratorium 2021 ketika Anda memutuskan untuk bergabung ke dalamnya.

Beberapa materi pelatihan laboratorium mencakup mulai dari konsep pengelolaan, pembangunan organisasi, sistem manajemen dan dokumentasi, perencanaan, kepemimpinan, pelaksanaan kegiatan, pengenalan audit, tindakan perbaikan serta tinjauan.

Materi dalam pelatihan laboratorium lainnya juga mencakup pengenalan skema sertifikasi dan akreditasi, budaya keselamatan, keamanan dan Kesehatan kerja, manajemen peralatan laboratorium, pengelolaan bahan kimia dan pengenalan limbah.

Peserta Pelatihan dan Metode Pelatihan Laboratorium 2021

Peserta pelatihan mencakup kepala laboratorium dan staf yang telah menjalankan pemrograman. Penyampaian materi berupa metode interaktif dimana setiap anggota akan mendapatkan pengalaman menangani aplikasi dan penerapan hingga diskusi interaktif.

Latihan studi kasus juga menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk mengaplikasikannya dalam pelatihan laboratorium. Harapannya, setiap peserta mampu menerapkannya secara konsisten di waktu lama sehingga bisa berjalan berkelanjutan kedepannya.

Instruktur ahli dalam program pelatihan laboratorium adalah Associated Trainer & Consultant Aljabar Training and Consulting. Tentunya training ini berjalan secara profesional sehingga mengundang para tenaga ahli untuk menyampaikan materi kepada peserta.

Ruang Lingkup Pelatihan

Pelatihan laboratorium umumnya berjalan secara tatap muka seperti kegiatan perkuliahan pada umumnya. Fasilitas ini pun sudah tersedia oleh team teaching berpengalaman. Anda tidak perlu meragukan lagi mengenai keahliannya terkait sistem manajemen laboratorium ISO/ IEC 17025.

Peserta pelatihan akan mendapatkan pembekalan berbagai macam materi khususnya mengenai sistem standarisasi dan akreditasi, pengenalan dan interpretasi elemen persyaratan hingga dokumen sistem manajemen mutu laboratorium.

Ruang lingkup pelatihan ini penting untuk menerapkannya sesuai kesepakatan dan standar. Tujuannya agar semua kegiatan training tidak akan berjalan di luar lingkupan penyampaian di awal. Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi setiap peserta sehingga mendapatkan materi seperti harapan.

Kegiatan Pelatihan Laboratorium

Pelaksanaan pelatihan laboratorium umumnya terbagi menjadi beberapa rangkaian kegiatan. Pertama adalah penyajian materi khususnya dari team teaching dan fasilitator. Metodenya pun beragam baik secara online maupun tatap muka sehingga bersifat kondisional bagi kedua belah pihak.

Berikutnya setiap peserta dan pemateri akan melakukan diskusi interaktif yang umumnya  ada di akhir acara. Masing-masing anggota di dalamnya berhak untuk memberikan pertanyaan terkait hal-hal kurang memahaminya meskipun penyampaian materi telah usai.

Tidak lupa juga mengadakan kerja kelompok yang terdiri atas seluruh peserta. Hal ini juga bertujuan agar keseluruhan dari mereka ikut berpartisipasi dalam mengerjakan berbagai tugas terutama untuk memahami semua peserta.

Peserta Pelatihan Laboratorium

Ada beberapa peserta pelatihan yang mempunyai kesempatan untuk bisa mengikutinya. Pertama adalah para kepala lab, pengelola lab, dosen perguruan tinggi dimana sudah memiliki laporan EPSBED secara tepat dan patuh terhadap azas.

Tidak hanya mematuhi azas, kepala lab, pengelola lab dan dosen perguruan tinggi juga harus layak dan potensial untuk sama-sama berkembang. Ketiga pihak tersebut harus mempunyai komitmen tinggi serta memiliki kemampuan guna menyebarluaskan pengertian mengenai ISO/ IEC 17025.

Seluruh pihak peserta tersebut juga belum pernah mengikuti pelatihan yang sejenis dan bersedia untuk mengikuti seluruh kegiatan pelatihan. Penerapan standar internasional penting bagi masyarakat akademik khususnya di perguruan tinggi.

Luaran Program Pelatihan Laboratorium

Setelah mengikuti program pelatihan laboratorium tersebut, setiap penyedia memiliki target tersendiri terhadap pesertanya. Mereka harus mampu menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium di unit kerja masing-masing.

Tujuannya agar setiap laboratorium memiliki dokumen terkait sistem manajemen tersebut khususnya dalam hal pengelolaan. Pasalnya seluruh kegiatan akan berujung pada akreditasi sehingga berpengaruh terhadap penilaian dari masyarakat.

Selain itu, nilai akreditasi setiap laboratorium juga mempengaruhi bagaimana Dikti menilainya. Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi setiap lapisan masyarakat untuk mempermudah ketika hendak memilihnya.

Pelatihan laboratorium 2021 memang sudah banyak bisa Anda temukan di berbagai kota. Program ini memiliki sasaran utama bagi kepala lab serta dosen perguruan tinggi. Tujuannya agar seluruh kegiatan di dalamnya terlaksana sesuai standar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!