Surah Al-Ankabut: Fakta, Manfaat dan Inti Surah

Surah Al-Ankabut (سورة العنکبوت) adalah surah ke-29 dari Al-Qur’an yang turun kepada Nabi Muhammad SAW. di kota Mekah. Bernama Surah Ankabut (arti surah Al-Ankabut laba-laba) karena Allah SWT. dalam ayat 41 surah ini mengatakan orang-orang yang percaya kepada selain Allah SWT. adalah seperti laba-laba yang membangun rumah, dan rumahnya adalah rumah yang paling lemah.

Fakta Surah Al-Ankabut

Surah Ankabut adalah surah ke-29 di Al-Qur’an yang ada di juz 20 & 21. Surah ini tergolong sebagai surah Makkiyah atau Madani karena turuh di kota Mekkah. Terdiri dari 69 ayat dan 983 kata serta 4321 huruf.

Manfaat Membaca Surah Al-Ankabut

Manfaat membaca Surah Al-Ankabut sangat banyak untuk kebaikan umat muslim. Pertama, orang yang membacanya akan menerima 10x pahala semua orang beriman dan munafik. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW. Membaca surah Al-Ankabut juga merupakan obat segala penyakit. Anda juga akan mendapatkan ketenangan pikiran jika membaca surah ini.

Inti dari Surah Ankabut

Surah Al-Ankabut dapat memiliki inti yaitu menyebutkan masalah “ujian” dan reaksi orang munafik terhadap ujian ilahi. Selanjutnya, surah ini juga berisi tentang bersimpati kepada Nabi dan orang-orang mukmin yang jumlahnya sedikit dengan menceritakan kisah para nabi seperti Nuh, Ibrahim, Luth, dan Shuaib a.s.

Inti surah Al-Ankabut juga mengangkat isu tauhid, menyebut tanda-tanda kebesaran Allah SWT. dalam penciptaan, dan melawan kemusyrikan. Selain itu, surah ini juga menyebutkan kelemahan dan ketidakmampuan dewa-dewa buatan dan membandingkan penyembah berhala dengan laba-laba.

Surah Ankabut juga berbicara tentang keagungan Al-Qur’an, bukti kebenaran Nabi, ketegaran lawan-lawannya, dan menyebutkan masalah pendidikan seperti shalat, berbuat baik kepada orang tua, dan melakukan perbuatan baik.

Peristiwa Turunnya Beberapa Ayat

Ayat-ayat awal surah Al-Ankabut adalah tentang Ammar (عَمّار) dan Yāsir (ياسِر) yang disiksa karena keyakinan mereka kepada Allah SWT, atau tentang Muslim di Mekah. Kesempatan wahyu lainnya adalah bahwa umat Islam Madinah menulis surat kepada umat Islam di Mekah bahwa pengakuan mereka dalam Islam tidak diterima, selain jika mereka bermigrasi ke Madinah.

Oleh karena itu, ketika sekelompok Muslim melakukan perjalanan ke Madinah, orang-orang musyrik Mekah mengikuti mereka dan membunuh beberapa dari mereka.

Ayat-ayat Terkenal dari Surah Al-Ankabut

Seperti semua surah Al-Qur’an, ada ayat-ayat tertentu yang lebih terkenal dari ayat-ayat lainnya. Berikut beberapa ayat terkenal di Surah Ankabut.

1. Ayat 41

مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِ اللَّـهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ ﴿۴۱﴾

Artinya: ‘Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba, sekiranya mereka mengetahui’ ((Q.S Al-Ankabut ayat 41)

Para penafsir Al-Qur’an telah mengatakan bahwa dalam ayat ini, Allah SWT. membandingkan penguasa orang-orang musyrik (yaitu berhala mereka) dengan rumah laba-laba. Tuan-tuan ini tidak dapat memberi manfaat bagi pengikut mereka dan tidak akan pernah membuat mereka aman dari bahaya dan kesulitan.

2. Ayat 57

کلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَینَا تُرْ‌جَعُونَ ﴿۵۷﴾

Artinya: ‘Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan’ (Q.S Al-Ankabut ayat 57)

Ayat ini turun ketika sekelompok umat Islam yang tinggal di tanah musyrik tidak mau hijrah ke kota lain karena mengira akan mati dan kelaparan. Selain itu, mereka berpikir bahwa migrasi berarti menjauhkan diri dari kerabat dan anak-anak mereka. Akibatnya, Allah SWT. menurunkan surah ini dengan mengatakan tidak ada jalan keluar dari kematian.

Tidak ada yang bisa lolos dari kematian. Pada akhirnya, semua orang akan mati. Itulah sebabnya kita harus selalu siap sedia karena kita tidak tahu kapan kita akan mati. Jika kita tidak bertakwa, kita akan mengalami kesulitan di akhirat (barzakh). Jika kita benar dan bertakwa, maka kita akan masuk surga.

Nah, sekian ulasan tentang lengkap tentang Surah Al-Ankabut. Pelajari isi kandungan lebih detailnya di Quranlite.id. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!